Pertemuan 8

Posted: January 1, 2014 in Indonesia
  • Introduction
  • Goals of Collaboration and Participation
  • Asynchronous Distributed Interfaces
  • Synchronous Distributed Interfaces
  • Face-to-Face Interfaces

————————————————————–

Introduction

Untuk mengenal dasar dari Kolaborasi serta partisipasi sosial media, kita bisa lihat dari tabel di bawah ini. Kita bisa lihat kolaborasi misalnya terdapat ketika kita bersama-sama meng-edit dokumen di google docs, lalu teleconference via skype. Kita bisa lihat juga dari gambar di bawah perbedaan antara kolaborasi dengan partisipasi sosial media.

1

 

 

 

 

————————————————————–

Goals of Collaboration and Participation

Sebenarnya tujuan dari manusia melakukan kolaborasi adalah karena dengan itu manusia bisa puas dan bisa meningkatkan tingkat produktivitas. Kolaborasi terjadi bisa karena murni maksud untuk mendapatkan sesuatu atau karena suatu tujuan yang memiliki task yang spesifik

Mengetahui dan memahami proses serta strategi dari para partisipan dapat memfasilitasi kita terhadap analisis dari berbagai variable yang ada dibawah di dalam berbagai situasi dalam suatu sistem kolaborasi antar muka:

  • Focused Partnerships
  • Lecture / demo
  • Conference
  • Structured work processes
  • Meeting and decision support
  • Electronic commerce
  • Tele-democracy
  • On-line Communities
  • Collaboratories
  • Telepresence

Time/space matrix model of group-supported work

2

 

 

 

 

 

—————————————————————-

Asynchronous Distributed Interfaces

Different place, different time

Contohnya adalah

Email

  • Tidak terlalu terstruktur
  • Kadang tidak efektif / overwhelming
  • Dilengkapi dari berbagai tools seperti filtering , archiving, milis, discussion group
  • Biasanya terdiri atas text saja, namun bisa juga ditambahkan graphic, sound, animasi,video, link web sesuai kebutuhan

Newsgroup, Listservers, Discussion Boards, Conference, Social Media Participation Web Sites, Blogs, Wikis

  • merupakan grup diskusi yang terdiri dari banyak orang secara digital

Newsgroup

  • Setiap group membahas tentang paling sedikit 1 topik
  • mirip postingan di buletin board
  • users bisa membaca note2/ thread2 sebelumnya sesuka hatinya dan bisa mengomentari postingan2 tersebut
  • terbuka untuk siapa aja

ListServer

  • Individual harus mendaftarkan dirinya / subscribe untuk mendapatkan email
  • dimoderasi oleh seorang pemimpin / leader
  • users bisa dibanjiri email2 dari listserv

Online dan networked communities

  • Memiliki identitas group
  • Patient Support Group
  • Memiliki impact ke komunitas offline
  • Memiliki policies dalam komunitas tersebut dan tentunya kebebasan dalam berpendapat
  • Namun network communities bisa controversial contohnya komunitas hackers, anti-fan group, para military groups
  • Bisa berupa e-learning / kursus yang menawarkan kemudahan pembelajaran jarak jauh
  • Bisa berupa sebuah bentuk reputasi bagi online stores

———————————————–

Synchronous Distribution Interfaces

Different Place, Same Time

Contoh dari Synchronous Distribution Interfaces:

  • Group Editing
  • Shared Screens for Customer Assistance
  • Memberikan demonstrasi secara bersama-sama di berbagai sites
  • Memperbolehkan sharing informasi untuk berbagai aplikasi
  • Game interaktif

Synchronus Distribution Interfaces bisa juga berupa

  • Chat, IM and Texting
  • Audio dan Video Conferencing

3

 

 

 

 

 

 

——————————————————————–

Face-to-face Interfaces

Same place, same time

4

 

 

 

 

 

 

 

Face-to-face interfaces adalah suatu interaksi dimana individual2 bertemu langsung dan berinteraksi di tempat yang sama dan di waktu yang sama

Contohnya

  • File Sharing
  • Shared Workspace
  • Group Activities
  • Colab and Liveboard
  • SMART Board
  • Public spaces facilitates sharing
  • Sharing Photos
  • Notification Systems

Electronic Classroom

  • Merupakan suatu inovasi dalam pengajaran dengan menggunakan software2 khusus. Merupakan suatu variasi dalam teknik pengajaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s